Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Mengatasi Status Indeks Error (Kesalahan) Index Coverage Report

Cara Mengatasi Status Indeks Error (Kesalahan) Index Coverage Report

Cara Mengatasi Laporan Coverage Error Kesalahan Google Search Console ini sebagai topik artikel kali ini. Membahas tentang berbagai jenis masalah yang timbul dalam pengindeksan dan menyebabkan URL halaman berada dalam Laporan Coverage (Cakupan) dengan Status Error (Kesalahan).

Error (Kesalahan)

Sebelumnya telah dibahas tentang "Cara Mengatasi Status Excluded (Dikecualikan) Index Coverage Report๐Ÿ‘€" dan kali ini kita akan melanjutkan ke kategori status berikutnya yaitu Error (Kesalahan) dan cara mengatasi hal tersebut yang Admin rangkum dari pengalaman pribadi dan dari berbagai sumber yang dapat dipercaya.

{tocify} $title={Table of Contents}

Langsung saja kita membahas jenis masalah yang dietemukan pada Index Coverage Report (Laporan Cakupan Indeks) Google Search Console dengan ketegori status Error (Kesalahan) dan bagaimana solusi untuk menagani dan memperbaiki masalah tersebut sebagai berikut:

1. Redirect Error

Error - Redirect Error

Redirect error (Kesalahan pengalihan ). Google tidak dapat melakukan perayapan dan pengindeksan pada URL karena mengalami kesalahan pengalihan. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya error seperti ini yaitu:

  1. Terjadi Redirect Loop (Perulangan Pengalihan). Perulangan pengalihan terjadi saat URL dialihkan ke URL lain, yang pada gilirannya malah mengalihkan kembali ke URL yang awalnya diminta, sehingga mnenyebabkan siklus pengalihan tak terbatas/tidak berakhir.
  2. Terdapat Redirect Chain (Rantai pengalihan yang terlalu panjang)  melebihi kemampuan Google untuk merayapi setiap pengalihan yang ada. Untuk diketahui Google hanya mengikuti lima pengalihan per setiap sekali melakukan perayapan.
  3. Kemungkinan lain ini adalah sebuah bug pada Google Search Console seperti konfirmasi Google dalam sebuah twitter baru-baru ini (update 12 Desember 2021).

Solusi Masalah

  1. Selidiki apa yang terjadi dengan pengalihan ini dan perbaiki. Perhatikan setiap link internal yang kalian buat apakah merujuk ke link URL yang benar dan masih aktif dan jangan membuat terlalu banyak Link pengalihan yang berputar-putar. 
  2. Jika kalian sudah memperbaiki link pengalihan tersebut, lakukan inspection URL dan lihat hasilnya. Bila masih terjadi Error pengalihan, coba lakukan Test Live URL untuk melihat hasil pengindeksan secara langsung apakah URL tersebut masih tidak dapat dirayapi dan di indeks dengan status Error pengalihan tersebut atau sudah centang hijau.
  3. Bila sudah centang hijau semuanya, kalian cukup lakukan Request Indexing (Pengindeksan Ulang) dan jangan lupa klik Validasi Perbaikan. Validasi ini membutuhkan waktu minimal 3 hari untuk mendapatkan balasan dari Googel apakah validasi perbaikan tersebut berhasil atau tidak mengatsi Error.
  4. Selama periode menunggu hasil tersebut, kalian jangan merubah URL halaman yang telah dibuat sebelumnya karena ini akan mempengaruhi dalam validasi perbaikan yang dilakukan.
  5. Apabila dalam hasil validasi masih menampilkan error kesalahan pengalihan, hal terakhir yang bisa kalian lakukan adalah mengganti URL yang lama dengan URL yang baru. URL yang lama kalian masukkan ke dalam Removal URL dan buat pengalihan khusus untuk mengalihkan URL lama ke URL baru. Lakukan Inspection URL yang baru dan minta pengindeksan.

2. Server Error (5xx)

Error- Server Error (5xx)

Server error (5xx) (Kesalahan server (5xx)). Biasanya, error seperti ini tejadi disebabkan karena server indeks Google yang sedang error, sedang down atau sedang sibuk. Dengan mengalami Error 5xx, artikel kalian tidak akan terindeks dengan benar karena suatu kesalahan server dari Google itu sendiri.

Entah kenapa Error (5xx) ini sering dilaporkan hanya terjadi pada platform Blogspot, namun yang pastinya pihak Google mengatakan akan segera memperbaiki masalah ini. Error 5xx dari berbagai laporan, dapat ditemukan  di artikel baik yang baru saja diposting maupun pada artikel yang lama dan telah terindeks sebelumnya.

Solusi Masalah : Yang bisa dilakukan dengan masalah status  error ini, dengan melakukan Inspection URL ulang atau mencoba melakukan Test Live URL dan meminta pengindeksan ulang. Jika dengan cara ini error tersebut tidak berubah kalian sebaiknya menghapus URL artikel yang terkena error (5xx) dan menggantinya dengan URL yang baru. Setelah itu jangan lupa untuk Validasi Error agar Google segera menangkap sinyal perbaikan yang dilakukan.

3. Submitted URL Blocked By Robots.txt

Error -Submitted URL Blocked By Robots.txt

Submitted URL blocked by robots.txt (URL yang dikirimkan diblokir oleh robots.txt ). Sebenarnya error status ini sangat membantu untuk mengetahui di mana kesalahan kita dan memberikan kita kesempatan untuk memperbaikinya segera. Kalian mengirimkan URL ini melalui Sitemap.xml, tetapi tidak diindeks karena Google diblokir melalui file robots.txt.

Solusi Masalah : Solusi untuk menangani masalah pengindeksan status Error - Submitted URL blocked by robots.txt (URL yang dikirimkan diblokir oleh robots.txt ) hampir sama dengan cara mengatasi Excluded - Blocked by robots.txt (Diblokir oleh robots.txt )๐Ÿ‘€ ataupun Valid With Warning - Indexed, though blocked by robots.txt๐Ÿ‘€.

4. Submitted URL Has Crawl Issue

Error - Submitted URL Has Crawl Issue

Submitted URL has crawl issue (URL yang dikirim memiliki masalah perayapan ). Kalian telah mengirimkan URL ini melalui peta situs XML, tetapi Google mengalami masalah perayapan. Seringkali, masalah perayapan ini hanya bersifat sementara dan setelah melakukan pengindeksan ulang, status tersebut akan hilang atau kemungkinan lain akan menerima klasifikasi seperti "Tidak ditemukan (404)".

Solusi Masalah :  Lakukan Inpection URL (pengindeksan URL) ulang setelah itu lakukan Test Live URL dan Request Index.

5. Submitted URL Marked ‘Noindex’

Error - Submitted URL Marked ‘Noindex’

Submitted URL marked ‘noindex’ (URL yang dikirimkan bertanda 'noindex'). Kesalahan disini menunjukkan bahwa halaman tersebut tidak dapat diindeks. Berarti Google mencoba mengindeks halaman, tetapi tidak bisa dikarenakan ada sesuatu di halaman yang memberi tahu Googlebot untuk tidak mengindeks halaman tersebut.

Solusi Masalah :  Coba periksa tag kustom robot halaman penelusuran kalian, apakah kalian memberikan tag "noindeks" untuk penelusuran atau tidak, jika kalian menambahkan tag noindeks dan ingin agar halaman tersebut terindeks, maka ubah tag penelusuran tersebut lalu lakukan pengindekasan ulang.

6. Submitted URL Not Found (404)

Error - Submitted URL Not Found (404)

Submitted URL not found (404)-(URL yang dikirim tidak ditemukan (404)). Kalian telah mengirimkan URL halaman tersebut melalui peta situs XML, tetapi tampaknya URL tersebut sepertinya dianggap tidak ada oleh Googlebot.

Status ini sangat mirip dengan status "Excluded - Not Found (404)" atau "Dikecualikan - Tidak ditemukan (404)” yang telah dibahas pada artikel sebelumnya. Yang membedakannya adalah URL tersebut sudah pernah ada dalam submit sitemaps sebelumnya.

Solusi Masalah : Telusuri setiap halaman, dan periksa apakah halaman tersebut apakah masih memiliki halaman artikel yang dimaksud atau telah terhapus secara tidak sengaja ataupun sengaja dihapus. Jika benar halaman artikel tersebut sudah tidak ada, kalian harus menghapus URL yang sudah tercatat dalam sitemaps agar tidak dirayapi kembali oleh Googebot.

Namun bila kalian masih ingin tetap agar URL halaman tersebut dirayapi, kalian cukup mengalihkan atau arahkan URL ke alternatif yang paling relevan.

7. Submitted URL Seems To Be A Soft 404

Error - Submitted URL Seems To Be A Soft 404

Submitted URL Seems To Be A Soft 404 (URL yang dikirimkan tampaknya Soft 404). Kesalahan pada status ini kemungkinan terjadi ketika halaman yang diminta oleh pengguna tidak dapat ditemukan atau tidak valid dan server bukannya mengembalikan kode kesalahan yang benar dan seharusnya seperti "Not found (404)" malah memberikan status valid atau berhasil.

Karena pengembalian kode kesalahan yang menyatakan bahwa URL tersebut valid, maka Googlebot berusaha terus merayapi URL tersebut untuk menampilkannya ke hasil pencarian namun yang didapat malah konten tersebut tidak dapat ditampilkan sehingga keluar laporan Soft 404 diatas.

Solusi Masalah : Kalian lakukan pemeriksaan halaman artikel pada URL yang mendapatkan error kesalahan diatas. Jika halaman tersebut sudah tidak ada, hapus URL tersebut agar tidak lagi tercatat dalam sitemap.xml. Selain itu perlu kalian periksa apakah URL tersebut pernah dialihkan dan URL yang jadi pengalihan malah tidak relevan atau juga terdapat kesalahan yang lain.

8. Submitted URL Returned 403

Error - Submitted URL Returned 403

Submitted URL Returned 403 (URL yang dikirim dikembalikan 403). Kalian telah mengirimkan URL ini melalui peta situs XML, tetapi Google tidak diizinkan mengakses URL dan malah menerima respons HTTP 403 yang berarti menunjukkan bahwa permintaan URL tersebut dilarang disebabkan karena adanya tindakan permanen untuk mencegah perayap (mesin telusur) membuat permintaan setelah melakukan kesalahan.

Solusi Masalah :  Untuk saat ini yang bisa dilakukan hanya dengan menghapus URL tersebut dari sitemaps agar tidak dirayapi kembali dan bila artikel tersebut perlu kalian indeks, ganti URL halaman artikel tersebut dengan yang baru dan alihkan URL yang lama.

9. Submitted URL Returns Unauthorized Request (401)

Error - Submitted URL Returns Unauthorized Request (401)

Submitted URL Returns Unauthorized Request (401) (URL yang dikirimkan mengembalikan permintaan yang tidak sah (401)). Ini berarti bahwa halaman tersebut sudah tercatat dalam Sitemaps, tetapi Google tidak dapat melakukan pengindeksan halaman tersebut dengan respon (401).

Status ini hampir sama dengan status kategori "Excluded - Blocked Due To Unauthorized Request (401)" namun yang membedakannya adalah pada status error ini URL telah ada dalam sitemaps sementara status excluded, URL belum terindeks disitemaps.

Solusi Masalah :  Hapus URL tersebut agar tidak ada lagi pada URL yang tercatat dalam sitemap atau tambahkan tag "noindex" pada URL halaman tersebut. Jika ternyata kalian sengaja memblokir agar halaman tersebut tidak di indeks, buka pemblokirannya.


Index Coverage Report (Laporan Cakupan Indeks) Google Search Console pada kategori status Excluded (Dikecualikan) dengan Error (Kesalahan) memiliki kemiripan penyebab permasalahan dan solusi yang hampir sama. 

Perbedaan antara status keduanya dapat dilihat sedikit dari submit sitemaps (peta situs) dimana untuk Excluded (dikecualikan) URL halaman tersebut belum terindeks sama sekali sementara untuk Error (Kesalahan), URL halaman tersebut sudah ada yang berarti pernah dirayapi sebelumnya.

Semoga artikel "Cara Mengatasi Status Indeks Error (Kesalahan) Index Coverage Report" dapat memberi manfaat dan sekaligus dapat membantu kalian yang mendapatkan masalah dalam Laporan Cakupan Indeks Google Search Console, Wassalam.


Show Comments

Post a Comment for "Cara Mengatasi Status Indeks Error (Kesalahan) Index Coverage Report"