Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
 Cara Memblokir Program Dengan Windows Firewall

Cara Memblokir Program Dengan Windows Firewall

Cara Memblokir Program Dengan Windows Firewall -  Untuk melindungi sistem dari koneksi yang tidak diinginkan, Windows memiliki Firewall๐Ÿ‘€ bawaan yang memungkinkan merespon semua koneksi keluar dan koneksi masuk. Firewall digunakan untuk memeriksa informasi yang masuk melalui jaringan internet yang selanjutnya akan melakukan tugas pemblokiran atau mengizinkannya melewati komputer tergantung pada pengaturan firewall yang kalian buat.

Blockir Program Dengan Windows Firewall

Windows Firewall dapat membantu mencegah peretas atau perangkat lunak berbahaya mendapatkan akses ke komputer Windows 11/10/8/7 kita melalui internet. Firewall juga dapat membantu menghentikan komputer mengirimkan software/program berbahaya ke komputer lainnya.

Umumnya, sebagian besar pengguna tidak perlu khawatir dengan berbagai program/aplikasi yang mengakses jaringan internet. Namun, pada saat tertentu, kita perlu membatasi akses sebuah aplikasi program ke jaringan internet dengan melakukan blokir firewall.

Misalnya, aplikasi atau program tersebut melakukan pengunduhan pembaruan yang tidak stabil secara terus menerus, ataupun karena aplikasi/program tersebut sering terkena blacklist karena dianggap sebagai ilegal software akibat penggunaan lisensi yang tidak valid.

Bagi pengguna yang memiliki sumber keuangan yang cukup, membeli lisensi atau serial key menjadi solusi dalam mengatasi blacklist tersebut, namun kebanyakan pengguna belum sanggup membeli lisensi tersebut dikarenakan harganya yang cukup mahal.

Oleh karenanya, masih banyak pengguna yang menggunakan aplikasi/program bajakan dengan menggunakan serial key yang tidak valid, patch, crack, beberapa tools aktivator dan tools key generated. Namun aktivasi tersebut hanya bersifat sementara, karena saat kita bekerja dengan program tersebut dan terhubung dengan internet, program tersebut akan langsung dideteksi oleh server program sebagai program bajakan (ilegal software).

Untuk itu diperlukan sebuah solusi cara mengatasi agar aktivator yang disuntikkan pada program tersebut agar tidak terdeteksi saat terhubung ke internet. Maka tindakan blockir firewall ini menjadi salah satu alternatif solusi terakhir yang bisa dilakukan tanpa membeli lisensi. Ada beberapa cara blokir firewall๐Ÿ‘€, yang bisa kita lakukan, salah satunya adalah memanfaatkan/menggunakan windows firewall.

Namun kalian perlu perhatikan, bahwa tidak semua program dapat kalian block firewallnya secara langsung. Sofware yang pada dasarnya hanya bisa berjalan dengan menggunakan koneksi internet seperti Software Update Driver, Program Connectify, dan Lainnya hanya bisa dilakukan dengan block firewall melalui ”Edit HOST”, dimana yang kode HOST nya disediakan dan harus kalian tahu. Software jenis ini bila dilakukan blokir firewall exe.nya, kemunginan besar tidak dapat berfungsi dikarenakan softwarenya tidak dapat mengambil Resource dari Server program tersebut.

Langsung saja, Admin tunjukkan cara membuat pengaturan khusus untuk memblokir program agar tidak dapat mengakses internet menggunakan Firewall pada Windows 10. Sebagai contoh kali ini Admin berikan cara blockir firewall pada program CorelDraw 2018, karena saat ini lagi ramai-ramainya CorelDraw terkena blacklist akibat terkena peringatan ilegal software. Kalian ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

1. Hal pertama yang perlu dilakukan ketik Control Panel pada Icon Search taksbar komputer kalian. Buka Control Panel tersebut.

Buka Control Panel

2. Setelah contol panel terbuka pilih System and Security ๐Ÿ‘‰ lalu pilih Windows Defender Firewall.

System and Security Windows 10

Windows Defender Firewall

4. Pada jendela Windows Defender Firewall ini, lanjut ke Advanced setting untuk mengkonfigurasi pengaturan windows firewall.

Advanced setting Windows Firewall

5. Selanjutnya pada jendela advanced setting tersebut pilih Outbound Rules ๐Ÿ‘‰ dan pada menu Actions pilih New Rule.

Membuat New Rule Outbound Rules Firewall

6. Dibagian Steps kalian akan menuju steps Program ๐Ÿ‘‰ pilih ◉ Program kembali selanjutnya pilih Next.

Cari Program Yang Akan Diblokir Firewallnya

7. Cari dan pilih program yang akan kita blockir firewallnya dengan memilih ◉ This program path ๐Ÿ‘‰ lalu Browse.

Cari Program Yang Akan di Blockir

8. Arahkan pencarian ke C:\Program Files\Corel\CorelDRAW Graphics Suite 2018\Programs64. Secara default Corel Draw tersimpan disana, selanjutnya pilih Open ๐Ÿ‘‰ kemudian setealh path program tampil klik Next.

Pilih exe. CorelDraw 2018

Pilih exe. CorelDraw 2018

9. Tahap selanjutnya adalah Action. Disini kalian pilih ◉ Block Connection  ๐Ÿ‘‰ lanjut klik Next

Block Conection Program

10. Berikutnya lanjut ke steps Profile. Disini kalian harus mencentang semua pilihan ☑ Domain, ☑ Private, ☑ Public ๐Ÿ‘‰ lalu klik Next untuk melanjutkan.

Aplikasikan Block Firewall

12. Tahap terakhir yaitu Name. Kalian isi nama dan deksripsi program yang di blokir firewallnya ๐Ÿ‘‰ lalu klik Finish.

Memberi Nama dan Deksripsi

Blokir Firewall Program dengan menggunakan Firewall pada Windows 10 telah selesai. Kalian sekarang sudah dapat menggunakan program tersebut dengan tetap terhubung dengan jaringan internet tanpa khawatir lagi terkena blacklist.

Selain dengan menggunakan Firewall dari Windows, cara lain yang bisa digunakan dan paling simpel adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga yang telah Admin bahas pada artikel sebelumnya. Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua, Wassalam.


Show Comments

Post a Comment for " Cara Memblokir Program Dengan Windows Firewall"