Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Mendaftar Dan Mengirimkan Blog Ke Google News

Cara Mendaftar Dan Mengirimkan Blog Ke Google News

Blog Buttatoa | Mendaftarkan Blog Di Google News - Tahukah kalian, bahwa blog dan website "bukan surat kabar" lainnya dapat dicantumkan di Google News?. Blogger dan pemilik website yang cerdas telah menggunakan dan memanfaatkannya untuk mendapatkan lalu lintas/trafik yang ditargetkan ke blog mereka, dan tentu saja kalian pun juga bisa melakukannya.

Daftar Google News

Google News menautkan ke situs dan blog yang menerbitkan artikel topikal dan tepat waktu tentang berbagai topik. Kalian tidak harus menjadi situs berita untuk terdaftar di dalamnya, tetapi kalian perlu mempublikasikan konten yang layak diberitakan secara teratur.

{tocify} $title={Table of Contents}

Jika blog atau situs kalian menerbitkan artikel populer dan kalian berada di garis depan sebagai pemberi informasi yang akan menarik bagi orang-orang secara tepat waktu, maka Google akan menganggap kalian sebagai penerbit berita, dan hal itu berarti kalian bisa membuat blog kalian terdaftar di Google News.

Untuk turut mendapatkan bagian sebagai penerbit di Google News, kalian harus tahu cara mengirimkan blog kalian ke Google News. Kalian juga harus mengetahui cara agar postingan dapat terindeks oleh perayap sitemap mereka dan diberi peringkat di Google News.

Apakah Google News Itu?

Google News adalah agregator berita yang dikembangkan oleh Google, dimana menyajikan aliran konten/artikel yang berkelanjutan dan dapat disesuaikan yang disusun dari ribuan penerbit dan majalah. Versi beta diluncurkan pada September 2002, dan dirilis secara resmi pada Januari 2006.

Google News mengumpulkan dan menyajikan berbagai jenis berita dan mengurutkannya menurut relevansinya. Dengan aplikasi seluler dan browser web, Google News menemukan berita yang relevan bagi pengguna. Konsep utamanya adalah mengumpulkan konten terpenting dari berbagai situs web tentang berita dan tren terbaru.

Google News memeriksa setiap situs web yang terdaftar, yang kemudian diterima atau ditolak dalam waktu 60 hari. Agar blog atau website dapat diverifikasi oleh Google, kalian harus mendaftarkannya terlebih dahulu di Publisher Center, kemudian kalian harus mengajukan permohonan untuk memasukkan blog kalian dalam Google News dan menunggu umpan balik dari Google.

Disarankan juga untuk mengoptimalkan website kalian dan kontennya sehingga Google News menganggapnya relevan dan berharga.

Manfaat Mendaftarkan Blog Di Google News

Dengan mendaftar dan mengirimkan Blog ke Google News serta menjadi Publisher yang terdaftar, ada beberapa manfaat dan keuntungan yang dapat kalian peroleh, diantaranya :

  • Dapat Meningkatkan Minat dan Visibilitas Merek

    Memiliki blog atau website yang disetujui Google News akan membantu kalian mempopulerkan merek kalian di saluran berita ke seluruh dunia. Kalian dapat memilih niche/tema tertentu dan membuat website kalian disetujui di Google News dan kemudian mengggunakan website ini sebagai merek untuk menerbitkan isi konten kalian. Dengan mendapatkan peringkat yang tinggi di Google News dapat meningkatkan jangkauan merek dan juga menyebabkan peningkatan penjualan dan trafik blog.

  • Bisa Membangun Kepercayaan Pembaca

    Diperkirakan sekitar 60% pembaca berita mempercayai Google News dibandingkan pesaing lainnya, dan tentusaja hal ini berarti terdapat nilai bisnis yang lebih luas dibandingkan dengan metrik nilai tradisional seperti klik dan tayangan. Intinya, hal ini mengarah pada hasil yang menguntungkan untuk website dan merek kalian.

  • Dapat Menambah Backlink Blog

    Kalian akan mendapatkan direct link dari website Google News dan ini akan meningkatkan peringkat blog kalian di search engine. Banyak website baru selalu mencari yang website yang bermerek untuk menerima pembaruan dan berita terbaru. Mereka mungkin menyediakan backlink ke website kalian dari website mereka.

    Dengan cara ini, tentu saja akan meningkatkan backlink kalian dan selanjutnya peringkat website kalian dalam hasil pencarian organik akan meningkat dan peningkatan ini akan meningkatkan pengunjung dari website lain juga.

  • Meningkatkan Otoritas Blog

    Karena website kalian ditinjau dan disetujui secara manual oleh tim Google News, hal tersebut memberikan status "Authority Sites" ke website kalian. hal tersebut dapat meningkatkan peringkat website kalian dan kalian akan mulai mendapatkan lebih banyak trafik organik. Seiring waktu, hal ini juga dapat meningkatkan peringkat di Search Engine Results Pages (SERP) untuk konten website kalian. 

  • Pengindeksan Yang Lebih Cepat

    Perayap Google News adalah perayap khusus yang dirancang untuk mengindeks berita di waktu sebenarnya. Saat kalian mempublikasikan berita kalian di website yang disetujui Google News, maka akan langsung dirayapi dan diindeks dalam indeks berita dalam beberapa menit saja. 

    Dengan pengindeksan yang lebih cepat, akan memberikan dorongan besar untuk website kalian untuk mendapatkan pengunjung secara instan. Tapi perlu diingat bahwa Google News sedang mencari berita dan kalian hanya boleh menerbitkan berita di website yang disetujui Google News.

  • Peningkatan Trafik Organik Berkualitas

    Otoritas tinggi yang diberikan ke website kalian oleh Google, dimungkinkan untuk dapat meningkatkan peringkat website kalian di bagian atas hasil pencarian. Hal ini akan memberi kalian lebih banyak trafik organik ke website kalian. Jadi, ingatlah untuk mempublikasikan kualitas tinggi konten ke website kalian untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari website kalian. 

  • SEO Otomatis dan Cepat Dengan Sedikit Usaha

    Jika kalian menulis dan mempublikasikan berita kalian di website kalian, itu akan diindeks dengan cepat tanpa usaha apapun darimu. Yang perlu kalian lakukan hanyalah menulis konten berkualitas dan berdasarkan kualitas dan keaslian, konten kalian akan diindeks tanpa banyak usaha.

Syarat Mendaftarkan Blog Di Google News

Banyak yang beranggapan bahwa mendaftarkan blog di Google News sangat sulit dan membutuhkan persyaratan yang cukup berat berat bagi seorang pemula seperti, domain harus Top-Level Domains (TLDs)๐Ÿ‘€, umur blog mesti diatas 3 bulan, konten blog harus bertema berita dan jumlah artikel 30 keatas, dan lainnya.

Namun, dari pengalaman saya sendiri mengelola beberapa blog berbeda, dari menggunakan yang gratisan hingga berbayar, syarat tersebut diatas tidak mutlak dan benar. Contohnya saja Blog Buttatoa ini, yang awalnya masih menggunakan domain gratis dari blogger yakni .blogspot.com dan umur blog berkisar 2 mingguan dengan konten masih sekitar 6 artikel, hanya membutuhkan 3 hari setelah mendaftarkan blog untuk di Approve/disetujui Google News.

Agar website berhasil terdaftar di Google News, kalian hanya perlu mematuhi Kebijakan Google News, baik pedoman umum maupun pedoman teknisnya. Jika ini terpenuhi, Google pasti menyetujui blog kalian untuk diterima di Google News.

Untuk pedoman umum yang harus kalian patuhi diantaranya:

  • Topicality : Semua artikel harus banyak melaporkan peristiwa terkini dan terupdate.
  • Originals : Semua konten yang dikirimkan harus asli dan tidak disalin dari sumber lain.jadi buatlah konten yang unik dan original.
  • Transparency : Disarankan bahwa setiap entri yang diterbitkan harus berisi nama penulis serta informasi kontak editor.
  • No Misrepresentations : Konten yang akan diterbitkan di Google News harus menyentuh fakta yang benar dan tidak boleh menyertakan pernyataan yang salah atau informasi yang salah. Ikuti prinsip dasar jurnalisme yang baik dan pastikan untuk menyediakan konten yang menarik, unik, dan jujur ​​kepada pengguna.
  • Minimal Share of Advertising : Jika sebuah situs ingin dicantumkan dalam Berita, pemasangan iklan di situs tersebut tidak boleh terlalu tinggi.
  • Sufficient Share of Text : Agar tajuk utama muncul dalam penelusuran berita, isi artikel terkait tidak boleh terlalu pendek. Google tidak menentukan panjang teks; namun, sebaiknya melebihi 350 kata.
  • Non-Advertising : Entri berita harus menawarkan berita seperti portal berita, bukan kontribusi iklan pada produk atau layanan.
  • Mobile Optimization : Situs yang dikirimkan juga harus dioptimalkan untuk penggunaan perangkat seluler. Desain website kalian harus ramah pengguna dengan waktu buka yang cepat. Bahkan para pengguna ponsel pun harus bisa mengaksesnya dengan mudah.

Sedangkan untuk pedoman teknis, Google mengacu pada pedoman kualitas yang juga berlaku untuk entri berita. Awalnya ada juga tag meta untuk berita, tetapi ini tidak lagi didukung saat ini.

Persyaratan teknis tersebut antara lain:

  • Clear URLs : Setiap artikel harus dapat dijangkau melalui URL yang jelas. Setiap berita dan cerita yang diterbitkan harus memiliki URL permanen dan unik.
  • Clean Linking : Google tidak dapat membaca tautan ke artikel berita melalui JavaScript. . Bot Google memindai situs untuk mencari tautan HTML, termasuk teks jangkar. Jangan pernah menggunakan tautan grafis, tautan berbingkai, atau JavaScript karena perayap tidak dapat membacanya.
  • HTML : Bot Google memahami format HTML, jadi konten kalian harus menggunakan bahasa ini. Google tidak akan pernah menyetujui konten dalam format PDF. Berita dengan gambar atau video tidak diperbolehkan di bagian berita.
  • Crawling and Indexing : Seperti halnya websiteb lain, situs yang dioptimalkan untuk berita tidak boleh dikecualikan dari perayapan melalui robots.txt. Periksa robots.txt, Meta tag, dan spesifikasi header untuk memastikan mereka tidak memblokir bot untuk mengakses tautan artikel untuk pengindeksan. Terapkan tag Meta dengan benar, seperti pisahkan setiap grup kata kunci dengan koma. Hanya 10 kata kunci, frasa per konten yang diizinkan, jadi hindari berlebihan. Spam kata kunci dapat menyebabkan hukuman Google.

Mendaftarkan Blog Di Google News

Menurut Website Google, ada dua langkah untuk mengirimkan Blog ke Google News yaitu:

  • Mempublikasikan konten berkualitas tinggi yang mematuhi kebijakan konten Google News.
  • Mendaftar ke Publisher Center (Pusat Penerbit) dan tambahkan blog kalian sebagai publikasi. Setelah terdaftar, kalian dapat berbagi konten dengan Google News dengan mengirimkan umpan RSS, URL website, ataupun video.

Untuk langkah pertama, sudah jelas kalian cukup membuat konten yang berkualitas, unik dan terupdate namun tetap mematuhi kebijakan Google News, dan selanjutnya menyerahkan sepenuhnya kepada mesin perayapan Google untuk mendeteksi konten tersebut layak atau tidak untuk muncul di publikasi Google News.

Sedangkan untuk langkah kedua diatas, kalian ikuti tahapan-tahapan mendaftar ke Publisher Center seperti dibawah ini:

1. Pertama, login terlebih dahulu ke Publisher Center๐Ÿ‘€. Kalian bisa login menggunakan email yang sama ataupun berbeda dengan email saat membuat blog. Setelah login, kalian akan diperlihatkan interface window New Publisher Center.

Mendaftarkan Blog Di Google News

2. Selanjutnya membuat Publikasi Baru dengan klik + Tambah Publikasi. Untuk contoh, saya menampilkan gambar screenshoot saat Blog Buttatoa di daftarkan sebelumnya. Disini, kalian perlu mengisi data berikut:

  • Nama publikasi : Blog Buttatoa, yaitu nama yang akan menjadi Nama Publikasi blog kalian, dimana saya hanya mengisi dengan nama blog.
  • Properti situs utama : https://blogbuttatoa.blogspot.com, yaitu di isi dengan URL website/blog kalian.

Jangan lupa ceklist klausal persetujuan, dan klik + Tambah Publikasi untuk membuat publikasi baru.

Tambah Publikasi

3.  Setelah membuat Publikasi baru, kalian lakukan pengaturan dengan klik Setelan Publikasi.

Setelan Publikasi

Di setelan publikasi ini kalian akan diminta untuk mengisi beberapa data dan informasi yang dibutuhkan yaitu:

  • Pengaturan Umum, di sini kalian mengisi informasi tentang blog kalian ini dan tidak boleh dikosongkan. Informasi dan data yang harus dilengkapi tersebut meliputi:

    • Informasi Umum : Isi kolom Nama Publikasi (isi dengan nama blog) dan kolom Bahasa Utama (pilih Indonesia) yang kalian inginkan. 

      Mengisi Nama, Bahasa Publikasi

    •  Lokasi : Isi lokasi Negara kantor publikasi (pilih Indonesia).

      Pilih Negara Publikasi

    • URL Properti Situs Utaman : Isi dengan URL blog kalian (https://blogbuttatoa.blogspot.com).

      Catatan : Bila status URL belum terverifikasi, klik Verifikasi dalam Search Console.

      Kalau kalian sudah pernah mendaftarkan blog ke Google Seacrh Console๐Ÿ‘€, maka verifikasi akan berlangsung otomatis, namun bila kalian belum mendaftarkan blog ke Google Search Console, maka kalian akan diarahkan untuk segera menverifikasi kepemilikan blog melalui Google Search Console.

      Tambah URL Properti Situs

    • URL Properti Situs Lainnya : Kalian sebenarnya tidak perlu mengisinya kolom ini. Bila URL situs utama diatas telah terverifikasi, kalian cukup melakukan Refresh atau Reload Page browser, maka akan secara otomatis URL Properti Situs Lainnya ini akan terisi.

      Verivikasi URL Situs

    • Kontak : Masukkan kontak Email kalian untuk mendapatkan informasi terupdate mengenai masalah teknis dan pembaharuan produk Publikasi kalian.

      Tambah Email Kontak

    Setelah menyelesaikan pengisian segala informasi yang dibutuhkan klik Next/Berikutnya untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

  • Pengaturan Gaya Visual, disini kalian diminta untuk mengatur tampilan saat konten dipublish nantinya, yang meliputi:

    • Menambahkan Logo Persegi : Masukkan gambar atau logo blog dalam bentuk format, JPEG, PNG yang berukuran kotak persegi.

      Tambah Logo Square

    • Menambahkan Logo Persegi Panjang : Masukkan gambar atau logo blog dalam bentuk format, JPEG, PNG yang berukuran persehi panjang. Perhatikan agar gambar tersebut support dan jelas terlihat bila menggunakan tema Gelap dan tema Terang.

      Tambah Logo Persegi Panjang

    • Menambahkan Font Style : Mengganti jenis huruf yang ditampilkan dalm konten. Kalian bisa menambahkan dan menggantinya ataupun tetap memakai font default.

    Jika sudah selesai klik Save/Simpan untuk menyimpan pengaturan Publikasi. Biasanya secara otomatis akan langsung kembali ke dashboard Publisher Center.

4. Saat ini Publikasi kalian masih berstatus "BELUM DIMULAI". Jadi lanjutkan ke langkah berikutnya yaitu mengkonfigurasi pengelolaan Publikasi Google News kalian untuk ditinjau dan konten blog kalian dapat di setujui untuk muncul nantinya di Google News baik itu di Android, IOS dan news.google.com.

Edit Google News

Adapun konfigurasi yang perlu kalian lakukan disini yaitu:

  • Setelan Umum

    • Informasi Dasar : Kalian diminta untuk mengisi niche/kategori yang sesuai dengan Publikasi konten yang kalian buat.
    • Distribusi : Pilihan untuk distribusi publikasi kalian. Kalian tetapkan saja "Distribusi Negara : Seluruh Dunia" dan untuk "Properti Google : Izinkan Semua Properti".

    klik Next/Berikutnya untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

    Kategori, Distribusi Google News

  • Setelan Konten

    • Rubrik : Dalam Rubrik ini sendiri terdapat beberapa pilihan, yaitu Feed, Lokasi Web, Video, dan Feed yang dipersonalisasi. Dari pengalaman saya sendiri, pemilihan Rubrik yang tepat mempercepat blog di setujui oleh Google News. Jadi, diasarankan kalian menggunakan "Feed" saja agar Publikasi langsung mendeteksi saat membuat konten artikel baru di blog.

      Untuk URL feed-nya kalian masukkan seperti dibawah ini:

      https://blogbuttatoa.blogspot.com/feeds/posts/default

      Catatan : Ganti URL blog yang berwarna biru dengan URL blog kalian.

    • Grup Akses : Kalian bisa membuat beberapa grup, yang dibatasi aksesnya untuk melihat Publikasi kalian namun menurut saya, ini tidak usah dibuat.

    klik Next/Berikutnya untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

    Rubrik Google News

  • Tinjau dan Publikasikan

    Tahapan selanjutnya melakukan persiapan akhir sebelum dipublikasikan untuk ditinjau oleh Google News. Kalian klik teks Tinjau di persyaratan layanan untuk mengisi informasi yang diperlukan.

    Persyaratan Layanan Google News

    Isi beberapa kolom informasi tersebut dengan data yang benar, kemudian centang ✅ persetujuan syarat layanan lalu klik Kirim, setelah itu klik Save/Simpan dibagian pojok kanan atas untuk menyimpan konfigurasi Google News.

    Persetujuan Layanan

    Setelah kalian menyimpan konfigurasi, perhatikan dengan baik bagian Pratinjau. Jika di bagian tersebut belum menampilkan konten artikel blog kalian, maka tombol Publikasikan juga belum aktif. Jadi agar pratinjau menampilkan konten blog tersebut, cukup lakukan Refresh/Reload page browser.

    Bila Pratinjau sudah menampilkan konten seperti gambar dibawah ini, kalian tinggal mempublish blog ke Google News dengan klik tombol Publikasikan.

    Publikasi Google News

    Setelah di publikasikan, maka blog akan ditinjau oleh Google News, dan menariknya terkadang kalian akan mendapatkan Email masuk saat blog kalian ditolak dan justru tidak mendapatkan Email saat diterima. Jadi kalian tetap perlu untuk mengeceknya sekali-kali untuk melihat statusnya.

    Google News Di Tinjau

    Umumnya masa peninjauan memerlukan waktu 2 - 4 minggu, namun itu tidak mutlak. Ada yang cuma sehari sampai 3 hari saja, misalnya Blog Buttatoa ini, kalian dapat melihat bahwa peninjauan dimulai pada tanggal 21 Juli dengan status yang terlihat pada dashboard Publisher Center sudah berubah menjadi  "SEDANG DITINJAU" dan telah di Approve/disetujui 3 hari kemudian dengan perubahan status menjadi "SEDANG TAYANG".

    Google News Sudah Tayang

Sebagai catatan penting yang perlu kalian perhatikan, walaupun pendaftaran kalian diterima, bukan berarti konten artikel kalian sudah pasti akan muncul di Google News. Selama konten/artikel kalian tersebut tidak memenuhi persyaratan, maka tidak akan muncul di Google News. Jadi persiapkan blog kalian untuk Google News dengan sebaik-baiknya.

Mempersiapkan Blog Untuk Google News

Agar konten/artikel yang kalian publish dapat di lirik dan ditempatkan pada Berita Utama Google News, simak baik-baik beberapa tips untuk membuat konten berkualitas tinggi dibawah ini :

1. Ketahui dan Ikuti Pedoman Google

Sama seperti mesin telusur biasa mereka, Google News menggunakan algoritme untuk merayapi konten berita. Untuk membantunya menentukan halaman mana dari blog kalian yang merupakan artikel dan menghindari blog kalian ditolak karena kalian tidak mengikuti aturan, pastikan blog memenuhi kebijakan konten Google Berita .

Misalnya, konten blog kalian harus:

  • Merupakan konten asli, dan unik.
  • Berikan tanggal yang tepat, byline, biografi penulis, informasi tentang situs kalian, dan informasi kontak.
  • Selalu ungkapkan iklan dan konten bersponsor.
  • Tidak melanggar hak cipta atau kekayaan intelektual siapa pun.
  • Tidak mengandung konten sensitif atau kebencian.
  • Hindari skema tautan, malware, virus, atau perangkat lunak berbahaya lainnya yang menghasilkan trafik, konten, atau perilaku lain yang tidak wajar.

Pastikan konten blog kalian berharga dan disajikan dengan tulus dan objektif untuk menghindari pelanggaran kebijakan konten Google News.

2. Kembangkan Niche atau Topik Khusus untuk Konten Kalian

Hal lain yang dicari Google News adalah sumber dengan sudut pandang yang unik. Ada begitu banyak situs yang sudah melaporkan dan menulis tentang topik atau berita umum. Situs niche dan blog yang memberikan informasi mendalam tentang area tertentu lebih mungkin untuk diindeks dan ditempatkan di bagian Berita Utama Google News.

3. Tulis Judul Yang Kaya Keyword Untuk Mengkomunikasikan Sebuah Cerita

Untuk meningkatkan peluang kalian agar postingan blog kalian diambil oleh Google News, tulis judul dan headline blog yang lugas. Cerita yang menggunakan kata-kata yang sudah dikenal, menyampaikan pengertian tentang apa yang akan dipelajari pembaca, dan menghindari headline linkbait lebih sering diangkat.

4. Tulis Postingan Terkait Berita, Bukan Konten Evergreen

Sebagai seorang blogger, kalian biasanya ingin menulis konten yang selalu evergreen sehingga orang dapat kembali lagi. Namun, ketika mencoba untuk diindeks oleh Google News, kalian ingin menulis posting yang layak diberitakan. Posting ini harus tepat waktu dan terkait dengan sesuatu yang sedang terjadi saat ini. Jika tidak, Google tidak akan mengindeksnya.

5. Optimalkan Setiap Postingan

Karena Google News memungkinkan pembaca menyesuaikan umpan mereka sehingga mereka hanya melihat konten dari kategori atau istilah pencarian pilihan mereka, kalian ingin memastikan blog kalian dan artikel yang kalian terbitkan dioptimalkan.

Beberapa tips yang perlu diingat adalah:

  • Tulis judul dan subjudul yang dapat dipindai.
  • Sertakan kata kunci dan frasa yang relevan dalam subjudul kalian.
  • Buat URL yang dapat dibaca untuk posting kalian. Misalnya menghapus contoh "the" dan "and" dari URL.
  • Miliki URL statis dan unik untuk setiap posting.

6. Buat Sitemap

Sitemap adalah halaman XML yang menguraikan struktur situs kalian dan mencantumkan semua halaman dan elemen penting di dalamnya. Mesin pencari menggunakannya untuk merayapi situs kalian dan memahami struktur situs kalian.

Untuk Google News, kalian memerlukan peta situs XML khusus berita, yang mencantumkan pos yang telah kalian terbitkan dalam 48 jam terakhir, hingga maksimum 1.000 artikel. Google akan melihat kedua sitemap saat merayapi situs web kalian, tetapi terutama menggunakan Sitemap News saat mempertimbangkan untuk menambahkan konten ke Google News. Buat sitemap kalian dengan mengikuti petunjuk langkah demi langkah Google atau gunakan plugin WordPress seperti All in One SEO .

Fitur peta situs berita All in One membuat peta situs berita kalian secara otomatis dan mengirimkannya ke Google News untuk kalian. Kalian dapat memilih jenis kiriman mana yang akan disertakan dalam Sitemap Google News kalian, termasuk jenis kiriman khusus apa pun yang mungkin kalian miliki.

7. Gunakan Kode Yang Bersih

Google News dapat mengindeks blog kalian dengan lebih efisien dan cepat jika kalian menghindari memasukkan kode tambahan di postingan blog kalian, seperti blok iklan, artikel terkait, atau carousel video. Hindari bingkai atau format lain yang tidak dapat dibaca di postingan kalian.

8. Gunakan Pemformatan Konten yang Tepat

Jika posting kalian memiliki banyak gambar, video, dan infografis, perayap situs akan kesulitan mengindeks konten kalian. Perayap situs hanya dapat melihat kode dan teks, dan tidak dapat memahami konten yang telah kalian terbitkan. Pastikan untuk memformat konten kalian dengan cara yang dapat dipahami perayap, dengan tag yang tepat pada semua subjudul dan gambar, menambahkan tautan NOFOLLOW ke tautan yang tidak ingin kalian indeks, dan tag alt dan deskripsi pada semua gambar.

9. Publikasikan Postingan Setiap Hari

Posting kalian tidak hanya harus tepat waktu, tetapi kalian juga harus menulisnya secara konsisten. Hanya menulis posting tepat waktu sesekali tidak akan ditampilkan dengan Google Berita. Ingat peta situs berita yang disebutkan sebelumnya? Ini mencantumkan 1.000 posting terakhir yang kalian publikasikan di blog kalian. Ini berisi cap tanggal untuk setiap pos baru, jadi jika perayap situs tidak melihat tanggal terbaru di peta situs itu, situs kalian akan berhenti merayapi sesering mungkin dan tidak akan menyertakan pos kalian di Google News.

10. Memiliki Banyak Penulis

Sebagian besar blog dimulai dengan satu orang yang menulis semua posting, tetapi seiring pertumbuhan kalian, kalian dapat menambahkan blogger tamu dan penulis lain ke situs. Dari perspektif Google News, banyak penulis mengangkat blog kalian di atas segalanya. Ini adalah sinyal halus bahwa situs kalian akan diperbarui secara berkala, berisi konten unik, dan menjadi sumber berita, bahkan jika kalian bukan majalah atau situs web online tradisional.

Blogger cerdas dan pemilik website telah mulai memanfaatkan Google News untuk lalu lintas bertarget dan visibilitas mesin telusur yang lebih baik. Tetapi untuk mendapatkan manfaat penuh dari Google News untuk blog kalian, kalian harus melakukan sedikit pekerjaan rumah.

Kesimpulan

Mendaftarkan blog atau menjadi Publisher baru di Google News, membarikan banyak keuntungan, salah satunya yaitu pengindekasan konten yang lebih cepat. Terdaftar sebagai publisher di Google News bukan berarti konten kalian secara otomatis akan ditampilkan di Google News.

Kalian harus menyiapkan blog agar dapat ditempatkan di berita utama Google news dengan menulis konten berkualitas tinggi, menerbitkannya secara teratur, mengoptimalkan konten, dan menambahkan Sitemap News blog kalian. Semoga bermanfaat, Wassalam.


Show Comments

4 comments for "Cara Mendaftar Dan Mengirimkan Blog Ke Google News"

  1. Ini yang saya butuhkan. Alhamdulillah msh dalam proses peninjauan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umumnya 3 hari sampai seminggu peninjauannya..jadi sabar nunggunya..

      Delete
    2. Barusan dicek ternyata sudah tayang

      Delete