Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
9 Langkah Tepat Cara Memulai Blog Bagi Pemula

9 Langkah Tepat Cara Memulai Blog Bagi Pemula

Blog Buttatoa | 9 Langkah Memulai Blog - Ada banyak cara untuk mengabadikan dan menyimpan setiap hasil karya, kisah perjalanan, petualangan, pengalaman pribadi bahkan pekerjaan dan kegiatan sehari-hari, salah satunya adalah dengan membuat blog.

Cara Memulai Blog Bagi Pemula

Blogging memiliki banyak keuntungan dan manfaat dan sebagian orang  malah ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan penghasilan tambahan secara online. 

Namun, kalau kalian belum pernah mencoba blogging, tentu kalian mungkin akan merasa bingung atau kesulitan untuk memulainya, apalagi dengan banyaknya platform blog yang bisa kalian pilih dengan berbagai fitur dan keunggulan masing-masing.

{tocify} $title={Table of Contents}

Untuk lebih memudahkan bagi seorang blogger pemula dalam memulai blog baru, berikut tutorial langkah demi langkah untuk mengajarkan pemula cara membuat blog dengan cepat dan mudah. Jadi, langsung saja kiita membahsanya sebagai berikut:

Memilih Niche Untuk Blog Kalian

Sebelum kalian memulai blog, langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu memilih memilih niche yang tepat. Secara sederhana, Niche Blog adalah area topik pembahasan tertentu yang akan sering kalian tulis nantinya.

Untuk memilih niche yang tepat untuk blog baru kalian, mulailah dengan membuat suatu daftar dengan berbagai topik yang sesuai dengan minat dan akan lebih baik jika niche yang kalian pilih tersebut menyangkut dengan keahlian/skill eksklusif yang kalian miliki, sehingga isi pembahasan yang dikemukan dalam konten nantinya lebih profesional dan dapat dipertanggungjawabkan.

Misalnya, jika kalian memiliki minat tentang photografi dan memiliki skill pada seni photogarifi, maka kan lebih baik jika kalian memilih membuat blog bertemakan tentang photografi tersebut. Untuk membantu memicu imajinasi kalian dalam menentukan niche blog, baca 7 Niche Blog Teratas👀 yang bisa kalian manfaatkan di tahun 2022 ini.

Melalui blog, tidak ada batasan kalian dapat memasukkan kepentingan pribadi atau profesional apa pun ke dalam daftar topik yang ingin kalian jadikan pembahasan kontem. Cobalah berlatih secara sederhana membuat suatu artikel karena hal ini akan dapat membantu kalian memilih niche yang paling kalian minati. Ikuti dengan teguh hasrat yang kalian minati, maka kalian akan enjoy dan menikmati perjalanan blogging kalian.

Memilih Platform Blogging Yang Tepat

Setelah kalian menetapkan niche yang akan kalian terapkan dalam memulai blog, selanjutnya memilih platform blogging terbaik👀 yang tersedia saat ini dan menentukan jenis perangkat lunak manajemen blog yang akan kalian gunakan.

Platform blogging adalah sebuah perangkat lunak atau layanan yang digunakan untuk mengelola dan mempublikasikan konten di internet dalam bentuk blog. Platform blogging memungkinkan pengguna untuk membuat, mengatur, dan mempublikasikan konten tertulis dan visual secara online di sebuah blog.

Platform Blogging, Blogger, Wordpress

Salah satu keuntungan menggunakan platform blogging yaitu mengoptimalkan blog kalian pada mesin pencarian agar mudah ditemukan. Sebagian besar platform blog menyediakan pengoptimlan metadata, yang membantu memberi tahu mesin pencari tentang situs web kalian yang biasaya berupa informasi ini mencakup judul untuk halaman, deskripsi posting, dan beberapa kata kunci terkait.

Beberapa perusahaan berbeda menawarkan dan menyediakan layanan gratis dan atau  berbayar untuk penerbitan domain dan hosting blog. Platform blogging yang banyak digunakan di Indonesia sendiri yaitu WordPress, Blogger.

Memilih Nama Domain dan Hosting

Nama Domain

Nama domain adalah alamat unik untuk sebuah website, setara dengan alamat fisik. Nama domain ini akan membantu pengguna internet menemukan situs kalian dengan mudah daripada menggunakan alamat protokol internet (IP). Nama domain yang terdiri dari nama dan ekstensi adalah bagian penting dari infrastruktur internet.

Sebelum menetapkan nama domain untuk blog kalian, sebaiknya kalian pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  1. Pilih nama domain yang mudah diketik

    Memilih nama domain yang mudah diketik sangat penting untuk kesuksesan online. Jika kalian menggunakan bahasa gaul atau kata-kata dengan beberapa ejaan, mungkin akan lebih sulit bagi pelanggan untuk menemukan situs kalian.

  2. Gunakan nama domain yang pendek

    Jika nama domain kalian panjang dan rumit, kalian berisiko membuat pelanggan salah mengetik atau salah mengejanya. Jadi pendek dan sederhana adalah cara membuat nama domain yang tepat.

  3. Gunakan keyword (kata kunci)

    Coba gunakan keyword yang menggambarkan bisnis dan layanan yang kalian tawarkan. Sertakan kata kunci yang dimasukkan orang saat menelusuri produk atau layanan kalian. Hal ini membantu meningkatkan peringkat kalian di mesin pencari dan akan terasa lebih masuk akal bagi pengunjung blog kalian.

  4. Targetkan area domisili

    Jika bisnis kalian bersifat lokal, pertimbangkan untuk menyertakan kota atau negara dalam nama domain kalian untuk memudahkan pelanggan lokal menemukan dan mengingatnya.

  5. Hindari angka dan tanda hubung

    Angka dan tanda hubung yang digunakan sebagai nama domain sering disalahpahami dan kurang di ingat. Sebagai contoh, jika menggunakan angka 5 pada nimain, maka ketika kalian menyebut nama domain tersebut, orang yang mendengar akan bingung dan tidak tahu apakah kalian menggunakan angka (5) atau dieja (lima) atau mereka salah menaruh atau lupa tanda hubung.

  6. Dapat dijadikan sebagai kenangan

    Ada jutaan nama domain terdaftar, jadi memilih domain yang menarik dan mudah diingat sangatlah penting. Setelah kalian menemukan nama, bagikan dengan teman dekat untuk memastikan nama itu terdengar menarik dan masuk akal.

  7. Pastikan bebas hak cipta

    Saat kalian memilih nama domain, pastikan nama yang kalian pilih tidak bermerek dagang, memiliki hak cipta, atau sedang digunakan oleh perusahaan lain. Hal ini bisa mengakibatkan kekacauan hukum yang bisa menghabiskan banyak uang, serta domain kalian tdk lagi dapat digunakan.

  8. Pilih ekstensi nama domain yang sesuai

    Pastikan untuk memilih ekstensi domain👀 yang sesuai untuk bisnis kalian. Ekstensi .com, adalah domain yang paling populer saat ini, tetapi mungkin sulit untuk mendapatkan .com karena sudah ada begitu lama.
    Berikut adalah beberapa ekstensi teratas lainnya yang mungkin bisa jadi pilihan kalian:

    • .co : merupakan singkatan dari company, commerce, dan community digunakan untuk perusahaan besar
    • .info : umumnya digunakan pada situs informasi.
    • .net : digunakan untuk situs teknis, situs infrastruktur Internet.
    • .org : umumnya digunakan untuk organisasi non-komersial dan nonprofit.
    • .biz : penggunaan bisanya untuk bisnis/komersial, seperti situs e-commerce.
    • .me : digunakan untuk blog, resume, atau situs pribadi, dll
  9. Lindungi dan bangun merek kalian

    Untuk melindungi merek kalian, pertimbangkan untuk membeli berbagai ekstensi domain, serta versi nama domain kalian yang salah eja. Hal ini dapat mencegah pesaing mendaftarkan versi lain dan memastikan pelanggan tetap diarahkan ke website kalian, bahkan jika mereka tetap salah mengetiknya.

  10. Bertindak cepat mendaftarkan nama domain

    Nama domain terjual dengan cepat, apalagi bila disertai denga promo harga yang makin murah. Jadi daftarkan nama domain favorit kalian sesegera mungkin.

Domain, Hosting

Web Hosting

Langkah selanjutnya dalam memulai blog yaitu memilih layanan hosting yang andal akan menjadi salah satu keputusan terpenting yang perlu kalian tindak lanjuti dengan segera. Untuk sebagian besar, fungsionalitas dan kinerja blog kalian akan bergantung pada penyedia hosting kalian.

Hosting, dalam pengertian yang paling umum, adalah layanan di mana penyimpanan dan sumber daya komputasi disediakan untuk individu atau organisasi untuk akomodasi dan pemeliharaan satu atau lebih website dan layanan terkait. Meskipun hosting tidak harus berbasis IP, sebagian besar contoh adalah layanan berbasis web yang memungkinkan website atau layanan web dapat diakses secara global dari Internet.

Sebagai layanan yang sangat kritis, hosting telah memfasilitasi perkembangan dan pertumbuhan Internet. Pada gilirannya, pemilik/pengembang website menggunakan infrastruktur untuk meng-host situs webnya melalui kode sumber yang diunggah, di mana setiap website dapat dibedakan berdasarkan nama domainnya yang unik dan ruang dan penyimpanan Web yang dialokasikan secara logis. Setelah nama domain ditentukan di browser Web, website diakses oleh Internet.

Dengan evolusi teknologi dan model pengiriman, hosting telah berkembang menjadi berbagai format, termasuk shared hosting, dedicated hosting dan cloud hosting. Selain situs web, hosting juga dapat mencakup hosting data/penyimpanan, hosting aplikasi/perangkat lunak, dan hosting layanan TI. Garis ini juga dikaburkan dengan komputasi awan dan virtualisasi, yang memungkinkan tingkat kecanggihan dan penyesuaian lain.

Memulai Membuat Blog

Untuk di Indonesia sendiri, ada 2 platform blogging yang dikenal dan paling sering digunakan yaitu Blogger dan Wordpress. Blogger dan WordPress merupakan platform blogging yang user-friendly. Hanya saja, kalau membahas tentang kemudahan membuat blog, terdapat perbedaan yang cukup signifikan di antara kedua platform tersebut.

Cara membuat blogspot di Blogger👀 hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Setelah itu, kalian pun langsung bisa mulai mengatur atau mengganti tema, menyesuaikan pengaturan blog dan menulis atau mempublikasikan konten/artikel yang kalian buat.

Semua kemudahan tersebut menjadikan Blogger sebagai tool yang paling mudah digunakan oleh para blogger pemula. Terlebih lagi, Blogspot (Blogger) juga tersedia dalam bahasa Indonesia, yang tentunya akan semakin memudahkan penggunaannya.

Created a Blog

Sementara WordPress juga memiliki keunggulan dalam hal kemudahan penggunaannya. Kalian pun tak perlu menunggu lama untuk membuat blog di WordPress. Namun, yang agak sulit dari Wordpress, yaitu ketika kalian perlu mempelajari dengan serta memahami beberapa fitur dan opsi  yang memungkinkan kinerja Wordpress dioptimalkan. 

Di Wordpress, tersedia banyak opsi serta fitur yang ditawarkan baik yang garatis maupun berbayar dibandingkan dengan yang ada di Blogger. Beragamnya fitur yang terdapat pada platform Wordpress tersebut, memberikan keunggulan tersendiri karena kreativitas pembuatan konten serta kustomisasi blog tidak dibatasi sebagaimana di Blogger.

Memilih Tema Dan Desain Blog

Kadangkala, peningkatan trafik pengunjung blog bergantung pada tampilan dan nuansa tema yang kalian gunakan. Pengunjung blog kalian, pertama kali akan melihat tampilan keseluruhannya bahkan sebelum mereka melihat isi pembahasan dari kontennya. 

Jika dibandingkan dari segi kemudahan pemakaian, manajemen, performa dan keamanan, sebenarnya Blogger tidak kalah dari WordPress. Namun, dari segi kemudahan dan banyaknya fitur kustomisasi, Blogger harus tertinggal cukup jauh dari Wordpress.

Template, Tema Blog

Blogger dirancang untuk menjadi platform yang mudah dioperasikan oleh siapa saja, termasuk blogger yang baru memulai blog. Untuk itu, tool dan opsi yang dihadirkannya pun tidak begitu banyak, sehingga Blogger menyediakan sejumlah koleksi tema yang simpel dan rapi untuk membuat tampilan lebih menarik. 

Selain itu, saat ini telah bermunculan beberapa pengembang template untuk Blogger, baik yang menyediakan tema gratis maupun berbayar, seperti template VioMagz👀, dimana tampil responsif dengan baik di desktop maupun perangkat mobile.

Beberapa blogger yang sedikit banyak memahami coding html, dapat juga meredesign template tersebut sesuai keinginan. Seperti saya sendiri, mencoba melakukan beberapa redesign dari template tersebut, yang bisa kalian lihat di artikel  "Redesign Template👀".

Begitupula dengan memasang tema pada WordPress baru, juga cukup mudah dilakukan. Di dalam dasbor WordPress, kalian tinggal mengklik tombol Tema WordPress dan mencari tema gratis. Ada sekitar kurang lebih tiga ribu tema yang tersedia di WordPress.org.

Selain itu, ada juga beberapa pengembang yang menyediakan tema dan plugin yang berbayar. Kalian bisa mengkustomisasi tema sesuai keinginan kalian untuk mendapatkan tampilan dan fitur yang lebih menarik.

Menulis Dan Publikasikan Konten

Berikutnya tiba saatnya kalian benar-benar dapat memulai blog. Mulailah belajar bagaimana menulis posting blog pertama kalian. Di web, informasi atau pengalaman berguna apa pun yang kalian bagikan dengan pembaca yang disebut "konten". 

Menulis, Artikel, Konten, Publish

Dalam sebuah blog, ada beberapa halaman yang paling umum digunakan blogger yaitu:

  • Home (Beranda) – Ini tergantung pada jenis tata letak yang kalian pilih di blog. Kalian dapat memilih untuk menampilkan beranda sebagai di halaman statis seperti blog ini, ataupun di menu navigasi.
  • About Me (Tentang kami) – Halaman paling lama di blog mana pun adalah halaman “About Me”. Halaman ini memberi tahu pengunjung baru tentang siapa kalian dan mengapa kalian menjalankan blog serta topik niche pada blog kalian.
  • Contact (Kontak) – Halaman ini memungkinkan pengunjung blog untuk berkomunikasi dengan kalian. Ini bisa berupa halaman yang langsung terhubung dengan alamat email kalian dan kadang ditambah dengan link jejaring sosial yang kalian miliki. Kalian dapat menggunakan formulir kontak sederhana yang dapat digunakan pengunjung untuk berkomunikasi dengan kalian.
  • Products (Produk), Services (Layanan), Resources (Sumber Daya) – Halaman arahan statis dengan informasi tambahan apa pun yang ingin kalian sertakan di blog seperti membuat halaman kebijakan hukum, dll.

Optimalisasi Blog Untuk Search Engines

Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah proses yang digunakan pemilik website untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas ke halaman web mereka dari mesin pencari (seperti Google) khususnya bagi yang baru memulai blog. Untuk setiap postingan blog atau halaman yang kalian publikasikan agar hasil di seacrh engines lebih optimal, maka kalian harus melakukan beberapa hal berikut:
  1. Pengoptimalan keyword

    Sangat penting untuk memilih keyword utama yang ingin kalian targetkan untuk setiap halaman dan pastikan kalian memasukkan ini keyword di dalam konten. Dengan cara ini akan lebih mudah bagi mesin pencari untuk memahami tentang seperti apa blog kalian ketika search engines merayapinya dan kalian memiliki peluang lebih baik untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian. 

  2. Menambahkan SEO Meta Tags

    Jika kalian ingin mulai meningkatkan konten kalian di mesin pencari, sebaiknya kalian menambahkan meta tag SEO melalui beberapa plugin gratis, seperti :

    • MonsterInsights – Plugin Google Analytics untuk WordPress, untuk memantau dan menganalisis lalu lintas website kalian.

    • Yoast SEO – Plugin SEO komprehensif untuk blog kalian, untuk mengoptimalkan konten pada seacrh engines.

      Optimalisasi Blog, Yoast Plugin

    • WP Super Cache – Membantu waktu buka blog WordPress kalian dan mengirimkan konten ke pembaca dengan lebih cepat.

    • Akismet – Melindungi komentar dan formulir kontak kalian dari spam dan mencegah situs menerbitkan konten berbahaya.

    • Contact Form 7 – Formulir kontak dengan opsi email yang fleksibel yang mendukung penyaringan spam CAPTCHA dan Akismet.

    • Disqus – Alternatif untuk sistem komentar WordPress dasar dengan kemampuan administratif dan komentar tingkat lanjut.

    • YARPP – Membuat daftar posting blog terkait di akhir setiap konten secara otomatis untuk mendorong orang terus menjelajahi situs kalian.

Promosikan, Pasarkan dan Kembangkan Blog

Sekarang, kalian telah belajar cara memulai blog, cara membuat konten blog, dan cara membuatnya agar ditemukan oleh search engines. Penting untuk dipahami bahwa kalian dapat menulis konten yang paling menarik dan merancang antarmuka blog, namun jika tidak ada yang melihatnya, semua kerja keras kalian akan menjadi sia-sia. Jadi, kalian perlu tahu cara mempromosikan dan memasarkan dan mengembangkan blog.

Berikut beberapa tips yang bisa kalian terapkan dalam melakukan promosi, pemasaran dan pengembangan blog :

  • Mulailah dengan memberi tahu teman, keluarga, dan kolega Anda atau siapa pun yang mungkin tertarik membaca konten kalian. 
  • Aktiflah di blog, forum, grup, dan halaman sosial yang relevan karena dapat membangun persahabatan, dan saling membantu dalam menyebarkan konten.
  • Mempromosikan konten kalian melalui platform lain, bisa dengan cara bookmarking sites (menandai situs), content republishing (Penerbitan ulang konten) dan Repurpose content (meanmbahkan isi konten sebelumnya).
  • Mendapatkan lalu lintas organik dari mesin pencari dengan secara konsisten membuat konten yang segar, berkualitas dan yang bermanfaat bagi pembaca.
  • Beriklan di web (lalu lintas berbayar), bisa melalui iklan media sosial seeprti Facebook, Instagram, Twitter. Iklan search engines seperti Google Ads, Bing Ads. Platform konten discovery seperti Outbrain atau Taboola.

Hasilkan Uang Dari blog

Monetisasi adalah proses dari aktivitas blog kalian yang berujung menjadi penghasilan. Namun, kalian harus ingat bahwa blogging bukan hanya tentang menghasilkan uang, tetapi tentang menulis dan membuat konten yang bermanfaat  dan menarik pembaca sehingga membuat mereka kembali lagi mengunjungi blog kalian.

Saat memulai blog, pikirkan tentang menambahkan konten yang mungkin bisa menghasilkan pendapatan di masa depan. Berdasarkan pengalaman blogging saya sendiri, ada beberapa jenis konten tertentu lebih efektif dalam meningkatkan pendapatan dari monetisasi. 

Berikut beberapa cara yang dapat ditempuh seorang blogger untuk menadapatkan penghasilan dari blog yaitu:

  • Menjalankan iklan di blog kalian seperti menggunakan Google Adsense, Adsterra, MGID, dll.
  • Mendaftar di program afiliasi seperti Amazon Associates, ShareASale, ClickBank, dll.
  • Menjual produk dan layanan kalian secara online.
  • Menjual postingan bersponsor.

Itulah diatas 9 langkah tepat yang bisa kalian pelajari dalam memulai blog baru, mulai dari memilih niche blog, platform blogging, nama domain dan hosting, memulai blog, memilih tema, menulis konten, optimalisasi SEO, Promosi hingga menghasilkan uang dari Blog. Semoga bermanfaat, Wassalam.


Show Comments

3 comments for "9 Langkah Tepat Cara Memulai Blog Bagi Pemula"

  1. Artikelnya bagus tp sayang gak bisa follow padahal saya ingin bisa ngikutin update artikel terbarunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa lewat follow by email di form newslater dibawah...Untuk follow langsung, nanti dibuatkan tersendiri, sekalian sebagai artikel redesign..🙏

      Delete