Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
5 Platform Blogging Terbaik Untuk Blogger Pemula

5 Platform Blogging Terbaik Untuk Blogger Pemula

Blog Buttatoa | Platform Blogging Terbaik - Platform blogging gratis terbaik memungkinkan kalian untuk mempromosikan diri dan pekerjaan kalian secara online, dengan cara yang kalian kendalikan sepenuhnya. Tidak seperti di media sosial, kalian tidak perlu khawatir tentang like, share, atau apakah algoritme akan menghargai posting kalian atau tidak. Kalian dapat menulis tentang apa yang kalian inginkan dan menyajikannya dengan cara yang kalian inginkan pula.

Platform Blogging Terbaik

Memutuskan mana platform blog yang terbaik untuk kalian, maka perlu banyak faktor yang dipertimbangkan seperti kemudahan penggunaan, atau fleksibilitas desain. Sederhananya, platform termudah cenderung lebih membatasi dalam hal tampilan blog yang kalian inginkan. Namun, platform yang menawarkan fleksibilitas desain juga membutuhkan banyak keterampilan teknis dan/atau pengkodean untuk membuatnya berfungsi.

{tocify} $title={Table of Contents}

Sementara itu, jika kalian benar-benar pemula dalam blogging, kalian mungkin harus mengetahui langkah-langkah memulai blog๐Ÿ‘€ terlebih dahulu untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan serta hasil yang ingin diperoleh dari sebuah blog.

Cara Memilih Platform Blogging Terbaik

Sebelum membuat keputusan platform apa yang akan kalian gunakan dalam memulai blog, sebaiknya kalian membaca beberapa tips dan saran dibawah ini untuk menjadi pertimbangan bagi kalian dalam memilih platform blogging terbaik, yaitu:

  • Cost & Revenue (Biaya & Pendapatan) – Sebuah pertimbangan yang sangat diperlukan khususnya bagi pemula. Tidak hanya penting bahwa platform blogging pilihan kalian sesuai dengan anggaran kalian, tetapi juga apa yang kalian dapatkan dari uang yang telah kalian keluarkan. Terkadang penawaran gratis tidak ada artinya jika kalian tidak mendapatkan apa yang kalianbutuhkan.
  • Beginner-Friendliness (Kemudahan Bagi Pemula) – Pemula membutuhkan solusi blogging yang mudah diatur, dikelola dan tidak memerlukan keterampilan pengkodean untuk menjalankannya. Kalian sebaiknya gunakan platform yang bisa memberikan dukungan ketika mengalami kesulitan.
  • Features and Extendability (Fitur dan Jangka Waktu) – Seiring waktu, kebutuhan dan persyaratan kalian untuk situs kalian akan berubah. Kalian mungkin ingin memodifikasi atau merombak desain, menambahkan fitur, atau membuat perubahan drastis lainnya. Platform blogging yang baik harus dapat mengakomodasi semua hal tersebut.
  • Maintenance (Pemeliharaan) – Berapa banyak pekerjaan langsung yang dibutuhkan solusi blogging kalian? Apakah itu menangani sebagian besar aktivitas dan fitur untuk kalian, atau apakah kalian harus melakukan semuanya dengan tangan? Ini akan berdampak serius pada alur kerja kalian.
  • Monetization Options (Opsi Monetisasi) – Banyak orang memulai blog atau website dengan tujuan akhir untuk mendapatkan penghasilan dari monetisasi. Jika itu adalah tujuan kalian juga, lebih baik kalian memilih platform yang memungkinkan kalian melakukannya dengan cara yang sesuai untuk kalian.

Pembobotan faktor-faktor di atas akan berbeda tergantung pada keterampilan, tujuan, dan persyaratan kalian. Ingatlah beberapa hal diatas saat membandingkan platform blogging terbaik di luar sana.

Platform Blogging Terbaik Untuk Pemula

Blogger

Blogger adalah layanan blogging gratis oleh Google dan menawarkan cara cepat dan mudah untuk membuat blog bagi pengguna yang kurang paham teknologi dan pengkodean. Blogger adalah salah satu platform blogging paling awal yang ada yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 oleh Pyra Labs. Sekitar tahun 2003, Blogger di akuisisi oleh Google dan kemudian di desain ulang sebagaimana Blogger yang dikenal saat ini.

Jika kalian memiliki akun Google, maka kalian sudah otomatis memiliki akun Blogger. Akun Blogger juga terintegrasi dengan Google AdSense dan Google Ads, sehingga sangat mudah untuk mulai memonetisasi dan mendatangkan trafik ke blog.

Platform Blogger

Blogger menyediakan subdomain gratis dan  sertifikat SSL gratis yang sudah diinstal sebelumnya. Kalian juga dapat membeli domain kustom kalian sendiri dan mengarahkannya ke situs Blogger kalian secara gratis. Karena ini adalah situs Google, maka Blogger tersedia dalam 60+ bahasa.

Blogger menawarkan 12 tema, dan setiap tema memiliki setidaknya tiga skema warna yang berbeda untuk dipilih. Kalian juga dapat menggunakan pengkodean HTML khusus pada tema dan memilih dari berbagai pilihan tema pihak ketiga. 

Blogger tidak memiliki tim dukungan pelanggan khusus. Apa yang dimilikinya adalah pusat bantuan dengan panduan pengguna dan artikel. Terdapat juga forum komunitas di mana staf Google terkadang muncul untuk menjawab pertanyaan (tetapi itu bukan jaminan) dapat memberikan solusi masalah kalian. 

Jika kalian tertarik menggunakan platform blogger, baiknya kalian membaca cara membuat blog gratis di Blogger๐Ÿ‘€ yang telah saya bahas sebelumnya di Blog Buttatoa ini.

Kelebihan Blogger

  • Blogger itu gratis, dengan subdomain Blogger seperti https://example.blogspot.com dan sertifikat SSL gratis.
  • Penggunaan dan pengelolalan yang mudah tanpa membutuhkan keterampilan teknis maupun pengetahuan kode apa pun.
  • Memiliki keuntungan tambahan dari platform dan keandalan Google yang kuat dan aman.
  • Pengindeksan Google Penelusuran otomatis, dimana kalian dapat meningkatkan peringkat SEO blog dengan pengindeksan otomatis.
  • Terhubung dengan Analytics yang mampu menilai traffik blog kalian dan melihat konten yang paling banyak dikunjungi.
  • Terintegrasi dengan Google AdSense dan Google Ads

Kekurangan Blogger

  • Kalian terbatas pada alat blogging dasar, dan tidak dapat menambahkan fitur baru saat blog kalian semakin populer.
  • Pilihan desain terbatas, dengan lebih sedikit template yang tersedia.
  • Blogger tidak sering menerima pembaruan atau fitur baru.
  • Google dapat menangguhkan blog kalian kapan saja, atau bahkan membatalkan layanan Blogger sama sekali.
 

Wordpress

WordPress  adalah salah satu Sistem Manajemen Konten (CMS) paling populer berkat kemudahan penggunaannya, opsi penyesuaian yang luas, dan dukungan komunitas yang tak tertandingi. Bahkan, saat ini digunakan hampir 40 persen dari semua pengelola website.

Pada umumnya, WordPress  terdiri dari 2 (dua) kategori, yaitu :

  • WordPress.com adalah platform website yang dilengkapi dengan layanan hosting web yang disertakan dalam semua paketnya. Meskipun tidak sepopuler atau sekuat mitranya, ini bertujuan untuk membuat proses pembuatan website lebih mudah bagi pemula.

    Karena WordPress.com sepenuhnya di-host, pengguna cukup mendaftar untuk akun dan meluncurkan situs mereka segera tanpa khawatir tentang solusi hosting. Ini juga menyediakan alamat domain gratis .wordpress.com seperti .blogspot.com di Blogger.

  • WordPress.org  adalah platform blogging gratis open source dan paling populer di dunia yang memungkinkan kalian membangun website atau blog dalam hitungan menit. Dimulai pada tahun 2003, WordPress sekarang mendukung lebih dari 43% dari semua website di internet. 

    WordPress.org itu sendiri 100% gratis, namun jika kalian ingin membuat situs kalian terlihat oleh publik, maka harus membeli hosting web dan nama domain.

Platform WordPress

Kelebihan WordPress

  • WordPress serbaguna - Hal pertama yang harus kalian ketahui tentang WordPress adalah fleksibilitasnya. Apa pun yang kalian butuhkan untuk situs web, WordPress dapat melakukannya. Semua orang menggunakan CMS ini — mulai dari bisnis pengembangan aplikasi hingga penulis penugasan Australia — karena CMS ini memenuhi berbagai tujuan dengan mudah. Sederhananya, WordPress memiliki semua fungsi yang relevan untuk berbagai jenis situs web.
  • Kemampuan kustomisasi yang tak terhitung jumlahnya - Kustomisasi adalah nama permainan WordPress. Meskipun platform ini dikemas dengan template siap pakai dan solusi desain, kalian dapat mengubah masing-masing untuk membuat elemen yang sempurna untuk situs web kalian secara khusus. Ini sangat penting bagi perusahaan dengan strategi branding yang terperinci karena mereka harus bertindak secara seragam di semua saluran komunikasi.
  • Blogger menyukai WordPress - Jika kalian belum pernah mendengar, WordPress dulunya adalah CMS yang berorientasi pada blogging. Platform ini berfokus pada penulis online yang membutuhkan cara mudah untuk mempublikasikan konten baru di Internet. Saat ini, WordPress menampung lebih dari 60 juta situs blog.
  • Sangat cocok untuk bisnis eCommerce - Banyak pengecer online mengandalkan WordPress untuk tujuan bisnis. Ini tidak mengejutkan mengingat fakta bahwa WordPress menyertakan beberapa alat eCommerce terbaik dan terintegrasi dengan hampir semua penyedia pihak ketiga.
  • WordPress sangat terjangkau - Keterjangkauan adalah alasan lain mengapa begitu banyak pengguna menyukai WordPress. Jika kalian tidak membutuhkan lebih dari sekadar website pribadi yang sederhana, kalian dapat dengan mudah membuatnya dengan CMS ini dan hanya membayar beberapa dolar per bulan untuk hosting. Tetapi bahkan jika kalian membutuhkan situs web yang sepenuhnya profesional, WordPress tetap tidak akan dikenakan biaya lebih dari $100 per bulan.
  • Platformnya ramah SEO - Tahukah kalian bahwa lebih dari 90% lalu lintas global berasal dari Google? Kekuatan mesin pencari sangat besar, itulah sebabnya kalian akan senang mengetahui bahwa WordPress sangat ramah-SEO. Ini menangani sebagian besar tindakan pengoptimalan saja, sementara kalian juga dapat melakukan peningkatan menggunakan plugin SEO seperti Yoast SEO atau yang serupa.
  • WordPress dioptimalkan untuk seluler - Sebagian besar lalu lintas online berasal dari ponsel cerdas, jadi ada baiknya mengetahui bahwa WordPress juga dioptimalkan untuk seluler. Ini mendukung semua jenis perangkat elektronik dan menyesuaikan dengan semua dimensi tampilan, sehingga kalian tidak perlu khawatir tentang pengalaman pengguna.
  • Dukungan komunitas - WordPress adalah CMS open-source, yang berarti siapa pun dapat berkontribusi untuk pengembangan. Ini juga berarti kalian dapat mengandalkan dukungan komunitas karena ribuan pengguna dan pengembang tersedia sepanjang waktu dan ingin membantu rekan-rekan mereka.

Kekurangan WordPress

  • Kompleksitas sistem - Meskipun sederhana, WordPress mengelola ratusan komponen dan fungsi situs web. Ini membuat sistem menjadi sangat kompleks dan menantang bagi webmaster yang ingin menjadi ahli WordPress asli.
  • Kurva belajar yang curam - Kelemahan ini terkait erat dengan yang sebelumnya, dimana kalian dapat mulai menerbitkan konten di situs WordPress kalian dalam hitungan menit, tetapi kalian perlu kerja keras berbulan-bulan untuk benar-benar mengenal setiap aspek sistem seperti plugin, tema, fungsionalitas, SEO, keamanan, dan sebagainya.
  • Perbarui frekuensi - Menjadi sistem yang kompleks, WordPress membutuhkan pembaruan rutin agar tetap berfungsi dalam jangka panjang. Itu tidak berarti kalian harus memperbarui sesuatu setiap hari, tetapi kalian pasti dapat mengandalkan satu atau dua pembaruan per minggu.
  • Masalah keamanan - Menurut laporan tersebut, lebih dari 70% instalasi WordPress rentan terhadap serangan hacker terutama terjadi pada website yang tidak memasang plugin security dan gagal menyelesaikan update tepat waktu. Jumlah serangan hacker terus bertambah, jadi kalian pasti perlu berhati-hati.

Wix

Wix menawarkan fitur yang secara khusus ditujukan untuk pendatang baru di game blogging dan ini sangat sederhana seperti memilih template dari berbagai pilihan mereka dan menyesuaikannya. Namun, pada sisi negatifnya, begitu kalian memilih template, kalian tidak dapat mengubahnya tanpa memulai situs kalian dari awal, yang bisa sangat mengganggu.

Yang lebih baik lagi adalah Wix memungkinkan kalian melihat template blog kalian dalam bentuk desktop dan seluler bahkan sebelum kalian berkomitmen untuk itu. Wix menyediakan alat blogging untuk mereka yang ingin mempromosikan diri atau merek, menumbuhkan pengikut mereka, atau bahkan menghasilkan uang.

Platform Wix

Dengan Wix, kalian dapat membuat blog secara gratis (asalkan kalian telah menyiapkan nama domain dan tidak keberatan memiliki branding Wix di blog kalian), mengarahkan lalu lintas ke blog kalian dengan alat SEO canggih Wix seperti AMP & Skema, dan memiliki rencana SEO yang dipersonalisasi untuk meningkatkan visibilitas kalian di mesin pencari.

Wix juga memiliki fitur penjadwalan sehingga kalian dapat menulis entri blog kalian pada saat yang paling nyaman bagi kalian dan kemudian menjadwalkannya untuk ditayangkan pada waktu yang optimal.

Kelebihan Wix

  • Template yang dapat disesuaikan – pilih prototipe dan sesuaikan sesuai dengan tema blog kalian.
  • Responsif seluler – editor seluler menjadikan blog ramah seluler .
  • Optimasi SEO – buat rencana SEO yang dipersonalisasi untuk menentukan peringkat blog kalian.
  • Kebebasan mendesain – seret dan lepas editor untuk menyesuaikan bagian mana pun dari situs.
  • Integrasi pihak ketiga – mengintegrasikan aplikasi tanpa keterampilan pengkodean.
  • Pembuat situs yang komprehensif – kebutuhan bangunan dan pemeliharaan di satu tempat.

Kekurangan Wix

  • Akun gratis terbatas dan menampilkan branding dan iklan Wix di situs kalian.
  • Aplikasi pihak ketiga gratis terbatas.
  • Setelah kalian memilih template, kalian tidak dapat mengubahnya.
  • Fitur e-niaga terbatas pada paket berbayar, dan bahkan fitur tersebut terbatas.
 

Medium

Diluncurkan pada 2012, Medium telah berkembang menjadi komunitas penulis, blogger, jurnalis, dan pakar. Ini adalah platform blogging yang mudah digunakan dengan fitur jejaring sosial terbatas. Medium berfungsi seperti situs jejaring sosial tempat kalian dapat membuat akun dan mulai menerbitkan artikel.

Medium berbeda dari platform blogging gratis lainnya, dimana menawarkan pendekatan tanpa embel-embel untuk penerbitan konten karena memungkinkan blogger untuk menulis apa yang mereka sukai tanpa harus khawatir tentang pengkodean, desain, domain, atau masalah lainnya.

Kalian juga dapat menggunakannya sebagai saluran tambahan untuk membagikan konten kalian, misalnya kalian dapat menggunakan kembali konten dari postingan blog kalian yang sudah ada yang dibuat di platform blogging lain mempostingnya di Medium.

Platform Medium

Kalian juga dapat memposting cerita untuk komunitas besar pembaca yang mengunjungi Medium dan mendapatkan apresiasi dan umpan balik dari mereka. Dimungkinkan juga untuk terhubung dengan pembaca setia yang bersedia membayar untuk konten berkualitas melalui Program Mitra Menengah. Dengan cara ini, kalian dapat memonetisasi posting blog kalian sambil membagikan ide dan pendapat kalian kepada dunia.

Kelebihan Medium

  • Medium mudah digunakan, tanpa perlu pengaturan dan tidak memerlukan keterampilan pengkodean.
  • Dengan penonton siap pakai, dimana saat kalian menerbitkan artikel di Medium, kalian mendapatkan akses ke pembaca lebih dari 60 juta orang sehingga memungkinkan kalian menjangkau komunitas online yang memiliki minat yang sama.
  • Kalian dapat fokus hanya pada menulis, daripada mendesain situs web.  Editor WYSIWYG Medium memungkinkan kalian membuat postingan blog yang dirancang dengan baik dan responsif dengan seluler hanya dalam beberapa langkah sederhana. 
  • Menawarkan program kemitraan untuk perusahaan atau individu melalui Program Mitra Menengah, sehingga kalian bisa mendapatkan penghasilan.

Kekurangan Medium

  • Fitur mengenai desain dan pengenalan merek sangat terbatas.
  • Medium memiliki audiens langsung, jadi ketika kalian kehilangan blog berarti kehilangan semua pengikut kalian.
  • Kalian tidak dapat menggunakan nama domain sendiri. Kalian cukup mendapatkan halaman profil seperti di Facebook, misal https://medium.com/@namaanda.
  • Kalian tidak dapat menjalankan iklan sendiri untuk menghasilkan uang karena monetisasi terbatas pada program mitra mereka.

Tumblr

Didirikan pada tahun 2007, Tumblr adalah platform microblogging dan website media sosial yang bergabung bersama. Fokus utama Tumblr adalah pada konten multimedia dan bentuk pendek. Jika kalian seorang penulis dan berencana untuk menulis konten yang lebih panjang, saya tidak akan merekomendasikan memulai dengan Tumblr.

Tumblr sering digunakan sebagai situs jejaring sosial karena kalian dapat mengintegrasikan berbagai file media seperti foto, video, dan file audio. Kalian juga dapat menghiasi blog dengan GIF, stiker, dan beberapa teks. Pengguna memiliki opsi untuk mendesain halaman Tumblr mereka dengan tema, font, tata letak, dan banyak opsi desain lainnya yang dapat disesuaikan.

Platform Tumblr

Tumblr sangat ideal untuk blogger yang memiliki fokus tinggi pada konten visual. Ini adalah situs global yang dikunjungi oleh jutaan orang setiap hari yang memposting ulang posting blog favorit mereka dan memulai percakapan. 

Kelebihan Squarespace

  • Tumblr gratis dengan subdomain Tumblr seperti https://example.tumblr.com. Kalian juga dapat menghubungkan nama domain kustom premium.
  • Sangat mudah untuk mengatur dan menggunakan.
  • Ini memiliki platform media sosial terintegrasi yang membuat penemuan lebih mudah.
  • Sebagai alat microblogging, Tumblr memudahkan untuk dengan cepat membuat blog video, GIF, gambar, dan format audio. 

Kekurangan Squarespace

  • Tumblr hadir dengan serangkaian fitur terbatas yang tidak dapat kalian perpanjang seiring pertumbuhan blog.
  • Ada banyak tema yang tersedia untuk Tumblr, tetapi tidak ada yang memeliki dan menawarkan fitur tambahan.
  • Mencadangkan blog Tumblr kalian atau mengimpornya ke platform lain itu sulit (lihat panduan kami tentang cara berpindah dari Tumblr ke WordPress ).

 

Kesimpulan

Nah, itulah diatas 5 platform blogging terbaik yang dapat dipertimbangkan oleh seorang blogger pemula. Pastikan platform yang kalian gunakan sesuai dengan tujuan dan hasil yang kalian inginkan. Jangan lupa juga mempertimbangkan biaya yang bisa saja kalian keluarkan dalam proses nantinya. Semoga bermanfaat, Wassalam.



Show Comments

2 comments for "5 Platform Blogging Terbaik Untuk Blogger Pemula"

  1. Apakah wordpres bisa diakses via hp seperti bikin posting dll?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo wordpress kurang tahu um..Tdk pernah pke wordpress soalnya..klo blogger bs diakses via aplikasi blogger atw lewat browser..

      Delete